Kisah & Keberadaan Keris Mpu Gandring

Artikel » Kisah & Keberadaan Keris Mpu Gandring

 

Keberadaan Keris Mpu Gandring masih terus dipertanyakan. Entah sudah berapa banyak orang yang berusaha untuk menemukan keris pusaka ini. Atau paling tidak, sekedar ingin menguak misteri dibalik menguapnya Keris Empu Gandring yang terkenal kesaktiannya.

 

Sejarah Keris Mpu Gandring

 

Keris pusaka Mpu Gandring tidak hanya terkenal sakti, tetapi juga terkutuk. Diyakini bahwa keturunan Raja Singosari harus ikut menanggung kutukan maut keris pusaka ini. Sebenarnya, apa yang menyebabkan tuah dan kesaktian Keris Empu Gandring terdengar begitu menakutkan?

 

Pada masanya, Mpu Gandring merupakan nama seorang perajin keris pusaka yang terkenal. Hingga suatu ketika muncullah Ken Arok yang datang untuk memesan sebilah keris kepada pembuat keris tersebut.

 

Ken Arok secara khusus menggarisbawahi bahwa keris untuknya haruslah lebih sakti dibanding semua keris yang sudah ada. Mpu Gandring pun bergidik dibuatnya, apalagi waktu yang diberikan Ken Arok konon sangatlah singkat. Tidak seberapa bila harus digunakan untuk menempa keris pusaka.

 

Benar saja. Ketika Ken Arok datang untuk menagih pesanan, Mpu Gandring belum mampu menyelesaikan pembuatan keris yang ia inginkan. Bilahnya memang sudah jadi. Hanya saja bagian sarung Keris Mpu Gandring ini belum selesai sempurna. Terburu perasaan tidak sabar, Ken Arok seketika itu merampas keris yang belum jadi dari tangan Mpu Gandring.

 

Cerita mulai memudar gelap karena Ken Arok sengaja menusukkan keris tersebut ke tubuh Mpu Gandring. Alasannya hanya sekedar untuk menguji kesaktian keris pusaka tadi. Tetapi justri dari sini sejarah mulai mencatat kengerian kutukan Keris Empu Gandring.

 

Mpu Gandring yang tidak terima langsung melontarkan kutukannya. Ia berkata bahwa keris tersebut akan membunuh Ken Arok beserta tujuh turunannya. Meski tidak mempercayai kutukan yang ia dengar, Ken Arok tetap menyimpan Keris Mpu Gandring.

 

Tanpa terduga, apa yang dilontarkan Mpu Gandring menjelang ajalnya terjadi juga. Ken Arok beserta tujuh keturunannya secara turun temurun mati tertusuk Keris Empu Gandring. Kekacauan dan keruntuhan Kerajaan Singosari konon didasari oleh kutukan ini.

 

Dimana Keris Mpu Gandring Berada?

 

Selama beberapa ratus tahun sejarah berjalan, Keris Mpu Gandring bisa dibilang lenyap. Tidak ada yang tahu persis dimana letaknya. Sehingga makin hari orang semakin dibuat penasaran saja.

 

Kabar yang paling santer terdengar mengatakan bahwa Keris Empu Gandring terkubur di bawah kawah Gunung Kelud. Bagaimana keris pusaka tersebut bisa menghilang disana, tidak ada satu cerita yang pasti. Berbagai pihak sudah mencoba menguak misteri ini. Dan sebagai hasilnya, ada lebih dari satu versi yang menceritakan asal mula terkuburnya Keris Mpu Gandring di dasar kawah Gunung Kelud.

 

Salah satu versi bahkan mengisahkan bahwa Keris Empu Gandring tanpa sengaja terkubur di kawah gunung ketika Bathara Guru memindahkan Gunung Mahameru. Alasannya, ketika itu terjadi banyak peperangan di Pulau Jawa. Sedangkan yang menjadi penyebab peperangan tersebut hanyalah sebilah keris saja. Demi menghindari kelanjutan nasib buruk ini maka Keris Mpu Gandring sengaja dihilangkan, meski sulit dihancurkan.

 

Keris Mpu Gandring sendiri dikabarkan terbuat dari batuan luar angkasa. Karena itu sifat dan kekuatan logamnya tidak sama dengan besi biasa. Ditambah lagi, Mpu Gandring juga dipercaya memperkuat kesaktian keris pusaka buatannya dengan mantra dan doa-doa.

 

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN KERIS AJI BERTUAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara Gratis dan Berkala,
Dewi Sundari memberikan informasi penting sekaligus tips-tips memperkaya diri dari pandangan spiritual.
Pastikan Anda mendapatkan informasi penting tersebut dengan mendaftarkan alamat email aktif di bawah ini.

Masukkan Data Diri Anda

 

 

Paranormal Pesugihan Jawa

 

Alamat Kantor

Wisma Iskandarsyah Blok A-10

Jl. Iskandarsyah Raya Kav. 12 - 14

Jakarta Selatan 12160

(Sebelum Datang, Daftar Dulu)

 

 

Staf Admin - Mas Wahyu
0857 6211 8383 (Indosat)
Telepon | SMS
Email :
adm.dewisundari@gmail.com
BBM & WA :
bbm staf admin 56859C10 | WA staf admin 085762118383

 

Dewi Sundari

Pakar Kejawen
0822 3112 2168

paranormaldewisundari@gmail.com
Add Friend

atau
via Contact Pesan Silakan Klik Disini

Jam Kerja

Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Sebelum datang, telepon dulu.